Menu

Mode Gelap
Polisi Turun Langsung Kawal Penyuntikan Vitamin Hewan Ternak Sapi di Pamekasan Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas, Kapolres Pamekasan Peragakan Beladiri Tongkat dan Borgol Demi Penguatan Islam Indonesia Damai, Pemkab Pamekasan Fasilitasi Pembinaan Bagi Khotib Jum’at Man’s Volleyball Indonesia Raih Medali Emas di Sea Games 2021 DKPP Pastikan Pasar Sapi di Pamekasan Aman dari Penyebaran Wabah PMK

News · 11 Jul 2022 07:34 WIB ·

Antisipasi Penyebaran PMK, Polres Pamekasan Cegat Kendaraan Pengangkut Hewan


 Ket Foto: Polres Pamekasan Bersama Tim Gabungan lakukan Pemeriksaan terhadap kendaraan bermuatan hewan. Perbesar

Ket Foto: Polres Pamekasan Bersama Tim Gabungan lakukan Pemeriksaan terhadap kendaraan bermuatan hewan.

PAMEKASAN, Kepolisian Resort Pamekasan bersama Tim Gabungan terus melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Salah satunya dengan mendirikan pos chek poin di perbatasan Pamekasan-Sampang tepatnya di Jalan Raya Ambat dan Pamekasan-Sumenep tepatnya di Jalan Raya Galis.

Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto menjelaskan, mobilitas hewan ternak yang masuk dan keluar dari Bumi Gerbang Salam dilakukan pengecekan oleh Tim Satgas PMK bersama stakeholder. Hal tersebut bertujuan untuk pencegahan resiko penyebaran wabah PMK di wilayah Pamekasan.

“Setiap hewan ternak yang masuk ke Pamekasan ataupun yang keluar kita lakukan pemeriksaan,” ucapnya, Senin (11/7/2022).

Upaya pencegahan ini dilakukan dengan memeriksa setiap kendaraan-kendaraan yang melintas di wilayah perbatasan, terutama pada kendaraan pengangkut hewan ternak sapi, maupun kambing.

Petugas melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan pada hewan ternak, dengan berdasarkan gejala-gejala umum terkait indikasi tertularnya Virus PMK serta melakukan penyemprotan Disinfektan terhadap kendaraan yang mengangkut binatang ternak.

“Misalnya kedapatan hewan ternak, yang terindikasi terjangkit PMK maka akan dilakukan pendataan dan untuk sementara tidak diperbolehkan masuk ke wilayah Kab. Pamekasan” paparnya.

Saat ini, Polres Pamekasan bersama instansi terkait lainnya sedang berupaya semaksimal mungkin untuk membantu upaya-upaya antisipasi maupun pencegahan masuknya wabah PMK di wilayah Pamekasan.

“Kami pun berharap kepada masyarakat agar turut membantu serta mendukung upaya pencegahan penyebaran PMK,” harapnya.

Kata Kapolres AKBP Rogib sapaannya, Bhabinkamtibmas tidak henti-hentinya turun ke lapangan untuk mensosialisasikan virus PMK pada hewan ternak sebagai upaya untuk mencegah penyebaran serta melakukan pendampingan Team Keswan dalam giat Vaksinasi ke hewan ternak.

“Selain melakukan sosialisasi pencegahan PMK, Bhabinkamtibmas juga tidak lupa melakukan himbauan Kamtibmas demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah Hukum Polres Pamekasan,” pungkasnya.

Wartawan; Vicky
Editor; Achmad.

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Geledah Kamar Hunian, Lapas Kelas IIA Pamekasan Berhasil Amankan Benda Terlarang

29 Juni 2022 - 13:57 WIB

Wabup Fattah Jasin Beri Semangat Atlet Asal Pamekasan di Porprov VII Jatim

27 Juni 2022 - 04:13 WIB

Stop Mobil Bermuatan Sapi, Kapolres Pamekasan Pastikan Aman PMK 

7 Juni 2022 - 13:57 WIB

Terlibat Balap Liar, Satlantas Polres Pamekasan Amankan Puluhan Sepeda Motor

5 Juni 2022 - 04:01 WIB

Polres Pamekasan Gagalkan Penyelundupan 9 Ton Pupuk Bersubsidi

3 Juni 2022 - 12:11 WIB

Gubernur Jatim Kukuhkan RB Fattah Jasin Jadi Wabup Pamekasan

31 Mei 2022 - 03:08 WIB

Trending di News