Menu

Mode Gelap
Polisi Turun Langsung Kawal Penyuntikan Vitamin Hewan Ternak Sapi di Pamekasan Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas, Kapolres Pamekasan Peragakan Beladiri Tongkat dan Borgol Demi Penguatan Islam Indonesia Damai, Pemkab Pamekasan Fasilitasi Pembinaan Bagi Khotib Jum’at Man’s Volleyball Indonesia Raih Medali Emas di Sea Games 2021 DKPP Pastikan Pasar Sapi di Pamekasan Aman dari Penyebaran Wabah PMK

Berita · 21 Apr 2022 08:43 WIB ·

Penyuluhan Hukum Bagi Peserta Rehab di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan


 Sebanyak 220 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) peserta Rehabilitasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim mengikuti penyuluhan hukum hasil kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Madura. Perbesar

Sebanyak 220 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) peserta Rehabilitasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim mengikuti penyuluhan hukum hasil kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Madura.

PAMEKASAN, Sebanyak 220 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) peserta Rehabilitasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim mengikuti penyuluhan hukum hasil kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Madura. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba, Kamis (21/04).

Kegiatan penyuluhan hukum ini bertempat di Aula Blok Hunian Khusus Rehabilitasi Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan dengan narasumber Dosen Universitas Madura, Mohammad dan Abdul Bari.

Selain itu, tampak hadir pejabat Struktural dan anggota Tim Rehabilitasi serta para konselor Ghana Recovery.

Dalam penyuluhan, para WBP diberikan pemahaman terkait kegiatan pembinaan sosial yang meliputi adanya perubahan pola hidup menjadi lebih produktif, meningkatkan keterampilan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup, serta berperan secara aktif dalam keluarga dan masyarakat di lingkungannya ketika WBP kembali ke masyarakat umum.

Pada kesempatan ini, saat ditemui ditempat terpisah, Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini.

“Terimakasih kepada pihak Narasumber dan Tim Rehabilitasi serta para Konselor atas terlaksananya kegiatan ini, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan, agar Warga Binaan dapat memahami akan hal-hal yang telah disampaikan oleh tim Penyuluh Hukum,” ujarnya.

Yan Rusmanto mewajibkan Narapidana Rehabilitasi dapat mengikuti penyuluhan hukum dengan baik. Karena penyuluhan hukum ini merupakan salah satu syarat memperoleh hak Integrasi.

“Ikuti semua kegiatan pembinaan dengan baik, karena itu merupakan syarat usulan terkait hak Integrasi bagi kalian (WBP) dan nantinya semua pembinaan akan dilaporkan dan akan dinilai oleh Wali Pemasyarakatan sesuai SK yang ada,” tegasnya.

Terpisah, Mohammad, selaku narasumber dalam penyuluhan ini, pembinaan sosial bisa dikatakan efektif atau tidaknya tergantung dari pelaksanaan rencana kegiatan, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik.

“Harapan kami sebagai narasumber kepada WBP Lapas Narkotika Pamekasan hendaknya untuk bisa menyadari dan menghayati serta menata masa depan yang dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara mulai sekarang,” ucapnya. (Vic).

 

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Oknum PNS dan Wartawan Diringkus Polisi

23 Juli 2022 - 06:17 WIB

Jelang Hari Kemerdekaan, Pedagang Bendera Mulai Berdatangan ke Pamekasan

20 Juli 2022 - 04:04 WIB

Antisipasi Penyebaran PMK, Polres Pamekasan Cegat Kendaraan Pengangkut Hewan

11 Juli 2022 - 07:34 WIB

Terlibat Balap Liar, Puluhan Sepeda Motor Berhasil Diamankan

8 Juli 2022 - 06:39 WIB

Kenalkan Pendidikan pada Masyarakat, Yayasan Al-Hidayah Gelar Pawai Keliling

6 Juli 2022 - 07:32 WIB

Kapolres Pamekasan Beri Bimbingan dan Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas di Car Free Day

4 Juli 2022 - 06:20 WIB

Trending di Berita